Cara Flash Vivo Y81 (PDQ1732CF) via Flash Tool

Mengalami hp bermasalah, mungkin adalah hal yang pernah dialami semua orang. Dengan tiba-tiba hp tidak bisa dioperasikan, atau hanya berputar-putar saja. Hal ini bisa terjadi pada hp merk apa saja, termasuk Vivo Y81. Cara flash Vivo Y81 berikut mungkin bisa membantu anda bila mengalami masalah seperti di atas.


Kenali Penyebab Kerusakan Hp

Keadaan hp tidak dapat digunakan sama sekali tentu membuat khawatir dan bingung, apalagi bila hal tersebut terjadi saat dalam keadaan penting dan harus menggunakan hp. Mungkin yang ada dipikiran hanya membawa hp tersebut ke tukang servis hp, dan hal itu tentunya membutuhkan biaya dan juga waktu yang tidak sebentar.

Sebelum anda memutuskan untuk membawa hp ke tukang servis, sebaiknya diketahui dulu apa sebenarnya penyebab kerusakan hp tersebut. Caranya adalah dengan reboot hp dengan menekan tombol power. Setelah itu hidupkan kembali hp. Apabila setelah dilakukan hal tersebut hp bisa berfungsi dengan normal, berarti hp anda tidak mengalami masalah apa-apa.

Jika hal di atas sudah dilakukan tapi hp tidak pulih, maka pasti memang hp Anda sedang bermasalah. Menghadapi hal ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengembalikan pada pengaturan sistem melalui mode recovery, bisa juga dengan cara flash dengan firmware.

Mengenal Tentang Flash Dan Kegunaannya

Keadaan hp dimana tidak bisa dioperasikan sama sekali dan tidak bisa untuk membuka aplikasi apapun disebut dengan bootloop. Hp yang mengalami bootloop biasanya di layar hanya akan muncul logo hp dan tidak bisa berubah meski sudah direboot ulang. Penyebab bootloop biasanya karena ada masalah pada perangkat lunak hp. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan flash.

Yang dimaksud flash di sini adalah memperbaiki hp yang mengalami masalah pada softwarenya. Flash bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi firmware. Sebelum melakukan flash, pastikan kondisi baterai hp terisi minimal 60 %. Hal ini dikarenakan, saat melakukan flash membutuhkan waktu yang agak lama, sehingga dikawatirkan hp lowbat saat flash sedang berlangsung.

Tips Melakukan Flash Hp

Sebelum melakukan flash pada hp, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Daftar tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Kenali dahulu kerusakan hp anda. Karena tidak semua kerusakan hp harus diperbaiki dengan cara diflash.

2. Pastikan data penting anda tersimpan dengan aman dengan cara melakukan back up data. Karena flash pada hp adalah mengembalikan keadaan hp seperti baru, maka setelah dilakukan flash otomatis seluruh data hilang. Dengan melakukan back up data, maka data penting masih bisa aman tersimpan.

3. Catat dan ingat akun dan password anda, untuk memudahkan konfigurasi data setelah hp diflash. Memang bisa membuat akun baru dengan cara reset akun, tetapi tentunya akan memakan waktu juga.
Setelah melakukan flash, hp tidak bisa langsung digunakan. Tetapi terlebih dahulu harus melakukan konfigurasi data sehingga bisa beroperasi seperti semula. Cara melakukan konfigurasi data adalah dengan memasukkan data pada menu login.

Di sini login bisa dilakukan dengan menggunakan akun yang sama seperti ketika pertama kali melakukan log in sebelum hp di flash.Terkadang ada yang lupa dengan akun dan password yang pernah digunakan. Bila hal ini terjadi, anda bisa melakukan reset akun dan membuat akun baru untuk melakukan konfigurasi data. Selanjutnya ikuti langkah-langkah konfigurasi data sesuai petunjuk yang ada sampai selesai, dan hp bisa digunakan lagi.

Panduan Cara flash Vivo Y81

Setelah mengetahui penyebab pasti dari kerusakan hp, maka anda bisa mulai melakukan flash pada hp. Berikut ini panduan cara flash Vivo Y81 dan hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan flash. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut dengan benar, maka masalah bootloop pada vivo Y81 akan teratasi.

Berikut bahan persiapan sebelum memulai flash Vivo Y81

SP Flash Tool
MTK USB Driver
Firmware Vivo Y81

Langkah-langkah flashing pada HP Vivo Y81

1. Isi daya baterai hp Anda terlebih dahulu sampai baterai diatas 60%.

2. Kalau anda sudah selesai mendownload firmware Vivo Y81 diatas, Ekstrak File firmware yang masih dalam bentuk ZIP tersebut.

3. Selanjutnya Instal Driver MTK yang benar pada PC Anda. Jika Anda sudah menginstal sebelumnya, abaikan saja perintah ini.

4. Buka SP Flash Tool nya dengan cara klik dua kali pada Flash_tool.exe hingga aplikasi terbuka.

5. Kemudian klik tab Scatter Loading dan kemudian tambahkan file firmware Vivo Y81 MT6761_Android_scatter.

6. Klik tab Download pada SP Flash Tool untuk memulai proses flashing.

7. Matikan hp Anda terlebih dahulu dan hubungkan ke PC dengan menekan Tombol Volume Down (-), jika tidak berjalan gunakan Tombol Volume Up (+). Pastikan menggunakan kabel USB original dari perangkat Anda.

8. Proses flashing akan berjalan dalam beberapa menit.

9. Tunggu sampai ada notif ‘Download OK’ di kotak hijau pada SP Flash Tool.

10. Setelah proses flash selesai, hidupkan hp Anda, dan Anda dapat menacabut koneksi perangkat Anda dari PC.

Mempunyai hp canggih dan lancar digunakan tentunya akan membuat anda nyaman. Apalagi bila hp digunakan sebagai sarana untuk bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari. Cara flash Vivo Y81 di atas semoga bisa membantu pemilik hp Vivo Y81 bila mengalami masalah bootloop.