Cara Flash Vivo Y31 via SD Card (Tanpa PC)

Salah satu brand HP yang saat ini sedang banyak diminati adalah Vivo. Selain memiliki fitur yang mumpuni, Vivo terkenal dengan kamera yang jernih dan bisa dibeli dengan harga yang murah meriah. Salah satu yang memiliki cukup banyak peminat adalah Vivo Y31, apakah termasuk milik Anda? Nah, kali ini akan dibahas Cara Flash Vivo Y31yang bisa menjadi bekal Anda dalam membenahi ponsel mandiri.

Cara Flash Vivo Y31

Yang Menyebabkan Ponsel Bootloop

Biasanya, orang akan flash ponselnya masing-masing jika mengalami beberapa malfungsi yang menyebabkan ketidak nyamanan dalam penggunaan sehari-hari. Mulai dari ponsel lemot, aplikasi error yang menutup sendiri, sampai karena boot loop atau yang biasa dikenali dengan ponsel hang sebatas logo.

Mempelajari cara flash secara mandiri ini jika sewaktu-waktu hp error dan tidak ada waktu ke counter resmi untuk membenarkannya. Namun, jika masih ada garansi dan punya waktu luang, masih tetap disarankan untuk membetulkannya di counter resmi Vivo supaya bisa tertangani dengan sebaik mungkin.

Supaya Anda lebih hati-hati, ada beberapa hal yang menyebabkan boot loop sehingga patut diwaspadai. Yang pertama dan paling sering terjadi adalah karena memodifikasi sistem. Perlu ditekankan bahwa ponsel sudah dibuat selayaknya untuk pengguna, jadi, jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk mengubah sistemnya, tentu akan mengganggu dan mengubah yang sudah seharusnya.

Kemudian, adanya over lock pada ponsel juga membuat hp bisa jadi boot loop. Yang dimaksud dari over lock adalah kelebihan muatan pada ponsel. Jika ponsel dirancang hanya memiliki prosesor dengan kapasitas 1 GHz dan menaikan menjadi 2 GHz ini tentu tidak sesuai sehingga bisa membuat ponsel hang sebatas logo.

Nah, jika Anda sering melepas baterai padahal ponsel dalam keadaan menyala, ini juga bisa membuat jadi error bahkan bisa alami kerusakan sampai hardware, merusak kalibrasi, dan juga bisa menyebabkan kerusakan data eksternal. Jadi, sebagai pemilik hp Anda tidak hanya perlu mengetahui cara pakainya, tapi juga cara merawatnya.

Cara Merawat Ponsel dengan Baik

Supaya Anda nantinya tidak perlu menggunakan cara flash Vivo Y31ini, bekali diri dengan cara merawat ponsel dengan benar. Dimulai dengan cara tidak banyak mengunduh aplikasi yang sejatinya jarang digunakan, menghapus sampah atau cache yang mungkin menyebabkan ponsel jadi lemot. Ini adalah cara sederhana tapi banyak orang yang melupakan bahkan tidak mau tahu.

Kemudian, hindari main ponsel dalam keadaan sedang charge. Selain berbahaya karena bisa menyebabkan kesetrum, ini juga akan membuat ponsel jadi alami kerusakan. Rajin-rajin cadangkan data atau file penting, juga aplikasi yang ada, sehingga jika nantinya terjadi sesuatu pada ponsel Anda tidak bingung karena kehilangan hal penting.

Simpan ponsel pada tempat yang aman. Defisini tempat yang aman untuk ponsel adalah tidak terpapar matahari langsung, tidak mudah dijangkau oleh anak-anak, dan jauh dari tempat yang berair. Dengan begitu, ponsel jadi aman dan semoga bisa panjang umur di tangan Anda tanpa perlu flash atau reparasi lainnya.

Siapkan bahan ini sebelum melakukan ketahap flashing


Berikut adalah mengenai langkah Cara Flash Vivo Y31

1. Langkah pertama, smartphone Anda harus memiliki daya baterai sekitar 70%.

2. Langkah kedua, pindahkan firmware OTA yang sudah didownload tadi ke direktori root penyimpanan memori SD card atau memori internal. Ingat, jangan tempatkan file tersebut didalam folder.

3. Langkah ketiga, matikan smartphone sampai benar-benar off.

4. Langkah keempat, nyalakan lagi dengan tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume (+) secara bersamaan sampai logo Vivo muncul untuk masuk ke mode Fastboot.

5. Langkah kelima, silahkan Anda pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume (-) dan memilih dengan menekan tombol Power.

6. Langkah keenam, setelah masuk dimenu Vivo recovery pilih Install update.

7. Langkah ketujuh, pilih lagi Phone storage atau kartu SD (SD card).

8. Langkah kedelapan, Anda pilih saja firmware tadi lalu tekan ok untuk mulai menginstalnya.

9. Langkah kesembilan, jika flash selesai, silahkan ketuk Reboot system now.

Nah, tidak sulit bukan untuk bisa memperbaiki ponsel boot loop, error, atau lemot secara mandiri? Hanya dengan 9 langkah saja, ponsel sudah bisa baik-baik saja dan kembali seperti awal baru. Selamat mencoba dan pastikan untuk mentaati semua langkah-langkah dengan sesuai sehingga cara flash Vivo Y31 ini berhasil dilakukan.