Cara Flash Vivo Y19 [PD1934F] via SD Card

Apakah Anda punya smartphone Vivo Y19 yang sudah mati atau alami bootloop? Jangan buru-buru dibuang atau malah untuk ganjal pintu. Kali ini, saya akan memberikan tutorial Cara Flash Vivo Y19 yang akan mudah dipahami dan tanpa perlu menggunakan cara yang menyulitkan diri sendiri. Asalkan langkah-langkah di bawah ini diikuti dengan seksama, pasti tingkat keberhasilan akan semakin besar.

Cara Flash Vivo Y19

Pengertian Bootloop

Sebelum melangkah ke pembahasan mengenai tutorial flash Vivo Y19 yang Anda miliki, sebaiknya Anda mengetahui lebih lanjut mengenai permasalahan yang dialami sebab tidak semua smartphone bisa dibehani dengan cara flash. Bahkan, jika mungkin yang bermasalah adalah software tidak menutup kemungkinan bahwa ini disebabkan oleh faktor yang sama dengan smartphone lainnya.

Ada yang namanya istilah bootloop. Tahu kah Anda apa yang dimaksud dengan bootloop? Nah, bootloop adalah adanya malfungsi atau kerusakan yang terjadi pada perangkat lunak smartphone atau software sehingga smartphone tidak bisa bekerja dengan maksimal malah menyebabkan smartphone ketika dihidupkan sebatas nyala sampai logo saja.

Walau begitu, bootloop juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada hardware. Intinya, segala yang ada smartphone bisa saling berkaitan. Maka dari itu, tidak bisa sebarang melakukan pembenaran terhadap bootloop. Setidaknya ada dua cara agar bootloop bisa dibenahi yang pertama adalah dengan menggunakan PC dan yang satu lagi dengan menggunakan tombol-tombol yang tersedia di smartphone.

Dan kali ini yang kita bahas adalah cara flash untuk mengatasi bootloop dengan menggunakan tombol. Flash yang satu ini tidak hanya bisa dilakukan jika smartphone alami bootloop saja, tapi jika Anda lupa password atau kata sandi smartphone, aplikasi sering error hingga smartphone lemot, Cara Flash Vivo Y19 satu ini bisa dicoba sebagai langkah terakhir.

Kekurangan smartphone yang sudah di flash

Walau dengan flash bisa membenarkan smartphone dalam sekajap mata dan membuat keadaan smartphone tampak seperti baru lagi, tetap ada kerugian yang akan didapatkan jika Anda melakukan flash. Yang pertama adalah akan menghillangkan garansi smartphone. Biasanya, toko atau customer service tidak akan lagi menerima smartphone yang sudah diflash.

Jika smartphone Anda rusak dalam keadaan masih garansi, lebih baik untuk dibawa ke toko semula Anda membeli. Dengan begitu, smartphone akan diperbaiki oleh mereka yang berkompeten di bidangnya. Tidak hanya itu, smartphone yang sudah pernah diflash juga akan memperpendek umur android. Jadi, meski tampak baik-baik saja, sebenarnya ada kerugian di dalamnya.

Wajar smartphone akan mengalami beberapa kendala atau aplikasi yang justru tidak bisa digunakan kembali setelah diflash. Dan yang perlu diingat adalah, harga smartphone yang sudah diflash bisa saja anjlok karena sudah alami perbaikan ‘berat’ sebelumnya, jadi, perlu berhati-hati jika ingin flash smartphone kemudian.

Panduan Flash Vivo Y19

Tidak sulit untuk bisa flash smartphone sendiri. Namun perlu diingat bahwa tetap perlu perhatian khusus supaya tidak alami kegagalan yang bahkan bisa menyebabkan smartphone jadi mati total. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

Bahan yang diperlukan sebelum melakukan flashing


Langkah-langkah flash Vivo Y19

1. Sebelum melakukan flash, Pastikan isi daya smartphone Vivo Y19 Anda hingga tingkat baterai di atas 50%.

2. Pindahkan firmware Vivo Y19 yang sudah selesai Anda download tadi ke kartu memori Anda.

3. Pasang kembali kartu memori tadi, lalu nonaktifkan smartphone Anda.

4. Selanjutnya aktifkan smartphone dengan cara tekan tombol Volume Up (+) dan Tombol Power secara bersamaan lalu tahan sampai masuk ke mode Fastboot.

5. Kemudian Anda pilih saja menu Recovery mode dengan menekan tombol Volume Down (-) sebagai navigasi dan untuk memilih dengan menekan tombol Power.

6. Di Mode recovery silahkan Anda lanjut dengan pilih Install update.

7. Pilih lagi menu Phone storage atau Anda memilih Instal dari SD dan cari firmware yang diperbarui.

8. Sekarang Anda pilih saja firmware yang sebelumnya Anda simpan untuk mulai proses instal.

9. Jika notif konfirmasi muncul di layar Anda, cukup tekan Ya/Yes.

10. Proses update akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu sampai proses flash sukses.

11. Anda dapat memilih Reboot system now dan biarkan smartphone Anda loading sampai selesai.

Nah, itu lah tadi hal-hal penting yang perlu Anda garis bawahi sebelum mencoba langsung Cara Flash Vivo Y19. Semoga jika benar dilakukan, cara di atas bisa menolong Anda sampai berhasil. Selamat mencoba!