Cara Flash Vivo X5 Pro (PD1421F) via SD Card

Vivo X5 Pro termasuk hp keluaran baru. Memilikinya tentu juga merupakan sebuah kebanggaan. Tetapi bila tiba-tiba hp kesayangan mengalami bootloop dan tidak bisa digunakan, tentu akan membuat bingung dan khawatir. Cara Flash Vivo X5 Pro sebaiknya diketahui oleh para pemilik hp Vivo X5 Pro, agar bila terjadi masalah bisa segera mengatasinya.


Bootloop

Sebenarnya apa itu bootloop? Mengapa hp bisa mengalami bootloop? Bagaimana mungkin hp canggih bisa mengalami bootloop? Lalu bagaimana cara mengatasi hp yang mengalami bootloop? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin berkecamuk dalam pikiran anda dan juga para pemilik hp lainnya. Di sini akan dijelaskan satu persatu tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas.

Bootloop adalah masalah yang terjadi pada hp, dimana hp tersebut tidak bisa dioperasikan sama sekali. Ketika hp dioperasikan dengan menekan tombol apapun, kondisi hp tetap sama, tidak bisa merespon apapun juga. Yang nampak pada layar hp hanyalah logo hp, dan kondisi ini tidak berubah meskipun hp sudah di reboot dan dihidupkan kembali.

Bootloop terjadi karena adanya masalah pada perangkat lunak hp. Seperti diketahui, hp memiliki perangkat keras/hardware dan perangkat lunak/software. Hardware berada di luar berupa keybord, sementara software berada di dalam. Software ini yang mengatur kerja hp saat dioperasikan. Bila software mengalami masalah/kerusakan, yang terjadi adalah hp hang dan tidak bisa digunakan.

Bootloop bisa terjadi hp baru maupun lama, hp canggih maupun tercanggih. Penyebabnya bisa karena hp terjatuh, atau bisa juga dikarenakan hal lain yang menimbulkan kerusakan pada perangkat lunaknya. Hp yang mengalami bootloop bisa dilakukan perbaikan dengan 2 cara, yaitu dengan mengembalikan aturan sistem dengan mode recovery, bisa juga dengan cara melakukan flash.

Kelemahan flash hp

Melakukan flash pada hp memang bisa menyelesaikan masalah kerusakan pada hp akibat bootloop. Tetapi cara ini ternyata juga mempunyai kelemahan. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya diketahui beberapa hal sebelum memutuskan melakukan flash pada hp.

1. Melakukan flash pada hp berarti mengembalikan hp pada kondisi awal. Dengan kata lain, flash yang dilakukan pada hp akan membuat hp seperti hp yang baru dibeli dari toko, kosong tanpa ada data atau aplikasi, kecuali aplikasi bawaan hp. Untuk itu, sebelum melakukan flash pada hp, sebaiknya mengamankan data penting dan juga foto-foto yang ada dengan cara melakukan backup data.

2. Jangan terlalu sering melakukan flash pada hp, Melakukan flash pada hp, sebaiknya pada saat benar-benar dibutuhkan, yaitu saat hp mengalami bootloop. Bila flash dilakukan berulangkali, maka akan membuat perangkat lunak pada hp akan rusak. Bila perangkat lunak tersebut rusak, bisa dipastikan, anda harus pergi ke toko dan menggantinya dengan membeli hp baru.

Panduan tutorial cara flash Vivo X5 Pro

Apabila hp mengalami bootloop, anda bisa memilih 2 cara untuk memperbaikinya. Dengan mode recovery, atau dengan cara flash. Di sini hanya akan dibahas tentang Cara Flash Vivo X5 Pro. Bagi para pemilik hp vivo jenis ini, bisa mengikuti langkah-langkah yang akan diuraikan di bawah untuk memperbaiki hp yang mengalami bootloop.

Mungkin sebagian orang akan merasa takut bila melakukan flash sendiri. Ketakutan tersebut adalah wajar, karena bagi orang yang awam tentang cara flash hp, tentu merasa kawatir justru kerusakan hp bertambah parah. Tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah dengan seksama dan teliti, kerusakan hp karena bootloop bisa diatasi secara tepat.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan

• Memori SD Card
Firmware Vivo X5 Pro (PD1421F) Official

Langkah flashing Vivo X5 Pro

1. Pastikan daya baterai hp Vivo Anda hingga tingkat baterai di atas 70%.

2. Pindahkan firmware Vivo X5 Pro yang sudah Anda unduh tadi ke penyimpanan memori SD card. Perlu di ingat, jangan tempatkan file firmware tersebut didalam folder.

3. Matikan hp Anda sampai benar-benar dalam keadaan off.

4. Tekan Tombol Power dan Tombol Volume Up (+) lalu tahan secara bersamaan sampai mucul logo Vivo untuk masuk ke mode Fastboot.

5. Silahkan Anda pilih Recovery mode dengan menekan Tombol Volume Down (-) dan memilih dengan menekan Tombol Power.

6. Selanjutnya setelah masuk dimenu Vivo recovery pilih Install update.

7. Pilih lagi Phone Storage atau kartu SD (SD card).

8. Kemudian cari firmware yang anda simpan tadi dan akan muncul notif konfirmasi, cukup tekan Ya/Yes untuk mulai menginstalnya.

9. Jika proses flash selesai, silahkan pilih Reboot system now.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, anda harus melakukan konfigurasi data terlebih dahulu sebelum hp kembali bisa digunakan. Konfigurasi dilakukan dengan memasukkan data pengguna melalui akun yang sudah ada dan pernah digunakan sebelumnya. Tanpa melakukan konfigurasi data terlebih dahulu, maka hp tidak bisa digunakan.

Melakukan flash sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan mengikuti langkah-langkah yang ada. Pastikan, Cara Flash Vivo X5 Pro dilakukan dengan benar dan sesuai urutan. Pastikan juga tidak ada langkah yang terlewatkan, sehingga flash bisa berhasil dan hp bisa digunakan kembali.