Cara Flashing Vivo V71 (PD1731F) via QFIL Tool

Memiliki smartphone canggih tidak menjamin smartphone tersebut bebas dari masalah atau kerusakan. Kerusakan pada smartphone ada bermacam-macam. Mulai dari kerusakan pada keybord, LCD, hingga kerusakan fatal pada perangkat lunaknya. Bila kerusakan atau masalah karena smartphone mengalami bootloop, Cara Flash Vivo V71 berikut mungkin bisa membantu.

Cara Flash Vivo V71

Mengenal Apa Itu Bootloop

Bila kerusakan yang ada karena kesalahan pabrik, maka pemilik smartphone masih memiliki garansi untuk memperbaikinya. Tetapi bila kerusakan karena kesalahan pemiliknya, maka otomatis pemilik harus menanggung biaya servis dan juga biaya penggantian sparepartnya sendiri. Untuk itu memiliki smartphone harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Kerusakan yang sering terjadi adalah smartphone mengalami bootloop. Sebenarnya apa itu bootloop? Bootloop adalah kerusakan pada smartphone dimana perangkat lunak tersebut mengalami masalah. Akibatnya, smartphone tidak bisa digunakan atau dioperasikan sama sekali. smartphone yang mengalami bootloop bisa dilihat apabila pada layar hanya terdapat logo dan tidak bisa berubah dengan menekan tombol apapun.

Tetapi tidak semua keadaan kerusakan pada smartphone dikarenakan mengalami bootloop. Terkadang smartphone tidak bisa dioperasikan karena beban memori sudah penuh. Akibatnya, smartphone menjadi sangat lambat saat digunakan, bahkan kadang-kadang tidak bisa dioperasikan. Untuk mengetahui penyebab masalah pada smartphone, bisa dilakukan dengan cara reboot atau mematikan smartphone.

Apabila setelah dilakukan reboot, smartphone bisa berfungsi normal kembali, maka kemungkinan smartphone hanya lelah dan perlu istirahat. Atau bisa juga karena memori pada smartphone sudah terlalu penuh. Mengatasi hal ini cukup dengan membersihkan data yang tidak penting dan juga menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Setelah itu, istirahatkan sejenak, maka smartphone akan normal kembali.

Tetapi bila setelah dilakukan cara di atas smartphone tetap tidak bisa digunakan dan hanya stuck di logo, maka bisa dipastikan smartphone mengalami bootloop. Melakukan flash adalah salah satu cara yang bisa dilakukan selain dengan cara mengembalikan pada aturan sistem dengan mode recovery. Di sini hanya akan dibahas Cara Flash Vivo V71.

Yang Harus Dihindari Saat Melakukan Flash

Melakukan flash pada smartphone bertujuan untuk memperbaiki perangkat lunak yang bermasalah. Hal ini yang menyebabkan smartphone mengalami bootloop. Karena yang diperbaiki adalah perangkat lunaknya, maka flash harus dilakukan dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk dan langkah-langkah yang ada dengan benar dan teliti.

Apabila tidak mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan, maka flash bisa gagal. Dan yang lebih fatal, smartphone justru akan rusak, karena kesalahan dalam melakukan flash yang mengakibatkan kerusakan pada perangkat lunaknya . Untuk itu sebelum melakukan flash, harus benar-benar dipahami langkah-langkahnya sehingga tidak terjadi kesalahan/kegagalan.

Panduan Cara Flash Vivo V71

Bila smartphone mengalami bootloop, tidak perlu pergi ke counter atau tukang servis untuk memperbaikinya. Flash bisa dilakukan sendiri di rumah, asalkan mengetahui cara-caranya. Yang perlu diingat, sebelum melakukan flash, kondisi baterai harus terisi minimal 50 %. Di samping itu, melakukan flash pada smartphone harus mengikuti langkah-langkah yang ada secara benar agar flash bisa berhasil.

Berikut adalah bahan sebelum melakukan flashing

QFIL
QDLoader_HS-USB_Driver
Firmware Vivo V71

Tahap flash Vivo V71 menggunakan Tool QFIL

1. Pastikan baterai smartphone Vivo V71 sudah terisi diatas 50%.

2. Ekstrak semua file zip diatas dan file firmware yang baru saja Anda dowonload.

3. Pastikan QDLoader_HS-USB_Driver sudah terinstal pada PC Anda, kalau belum segera instal terlebih dahulu.

4. Matikan smartphone Vivo V71 Anda terlebih dahulu.

5. Kemudian buka tool QFIL nya.

6. Setelah tool QFIL nya terbuka, pilih Flat Build pada bagian Select Build Type.

7. Tambahkan file dengan cara klik Browse ke bidang Select Programmer dan cari file firmware Vivo V71 dengan nama prog_emmc_firehose_8917_ddr.mbn.

8. Tambahkan lagi file kebidang Select Flat Build dengan cara klik Load XML lalu cari file rawprogram_unsparse dan pilih patch0.

9. Kemudian pada posisi smartphone mati, tekan dan tahan secara bersama tombol Volume (-) atau Volume (+) beberapa detik sambil colok dengan kabel USB yang sudah tersambung ke PC.

10. Selanjutnya QFIL Tool akan mendeteksi perangkat Anda dengan tampilan nomor port seperti Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (com-).

11. Kalau sudah terdeteksi, klik tombol Download.

12. Anda harus menunggu proses flashing sampai muncul Download Succsess.

13. Setelah proses flash selesai, perangkat Anda akan mereboot otomatis. Jika tidak reboot secara otomatis, Anda dapat memutuskan koneksi kabel USB smartphone Anda dari PC. kemudia tekan tombol Power untuk menyalakannya.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, sampai selesai, maka smartphone bisa kembali digunakan. Tetapi sebelumnua, harus terlebih dahulu dilakukan konfigurasi data agar smartphone bisa digunakan kembali. Caranya dengan login melalui menu seting dan memasukkan data pribadi dengan menggunakan akun dan password yang dimiliki.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan pada smartphone. Penggunaan yang benar, tidak menggunakan smartphone secara terus menerus dan memberi waktu istirahat, bisa menjadi salah satu cara mencegah kerusakan pada smartphone. Tetapi bila smartphone mengalami bootloop dan terpaksa harus melakukan flash, Cara Flash Vivo V71 di atas semoga bisa membantu.