Cara Flash Vivo V17 Pro [PD1931F] via SD Card

Hp Vivo V17 Pro merupakan seri baru keluaran vivo yang baru diluncurkan akhir-akhir ini. Tentu sangat mengejutkan apabila hp baru mengalami masalah atau kerusakan. Memang, kerusakan pada hp bisa dialami oleh hp merk apapun termasuk hp vivo keluaran terbaru. Cara Flash Vivo V17 Pro bisa menjadi solusi bila hp vivo anda mengalami bootloop.

Cara Flash Vivo V17 Pro

Mengenal Apa Itu Flash Hp

Sebelum memutuskan untuk melakukan flash pada hp, sebaiknya mengetahui dulu apa sebenarnya flash hp dan apa manfaat dari flash. Di samping itu juga harus dipahami, kapan dan dalam keadaan seperti apa harus dilakukan flash pada hp. Hal ini perlu diketahui, agar flash yang dilakukan benar-benar tepat atau justru menimbulkan masalah lain pada hp.

Flash adalah cara yang dilakukan pada hp untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada software hp. Kerusakan pada software mengakibatkan hp mengalami keadaan yang disebut bootloop. Hp yang mengalami bootloop tidak akan bisa digunakan atau dioperasikan sama sekali. Yang terjadi, hp hanya menunjukkan gambar logo pada layarnya.

Melakukan flash pada hp akan membuat hp kembali pada keadaan awal seperti saat pertama dibeli dari toko. Hp kosong, tidak ada data sama sekali yang tersimpan. Untuk itu disarankan, sebelum melakukan flash pada hp, sebaiknya semua data penting yang tersimpan dipindahkan dulu ke perangkat lain. Bisa juga dengan melakukan backup data untuk melindungi data yang ada.

Mengingat hal itu, maka flash pada hp sebaiknya hanya dilakukan pada saat dibutuhkan saja. Misalnya saat hp mengalami bootloop. Bila hp mengalami bootloop, maka flash hp merupakan pilihan cara yang bisa dilakukan selain menggunakan mode recovery untuk mengembalikan sistem seperti keadaan awal. Sedangkan flash digunakan untuk memperbaiki perangkat lunak hp yang bermasalah.

Mengenal Bootloop

Yang dimaksud dengan bootloop adalah kondisi hp yang tidak bisa digunakan untuk mengakses apapun. Hp juga tidak bisa digunakan sama sekali dan hanya terdapat gambar logo pada layarnya. Untuk mengetahui apakah hp mengalami bootloop atau tidak, bisa dilakukan dengan cara mematikan hp dan menghidupkannya lagi. Bila hp kembali berfungsi normal, maka yang terjadi bukan bootloop.

Tetapi apabila setelah dilakukan langkah di atas dan hp tetap dalam kondisi yang sama, tidak bisa digunakan hanya stug di logo, berarti hp tersebut mengalami bootloop. Melakukan flash adalah pilihan yang tepat. Tidak perlu membawa hp ke tukang servis hp, cukup dengan melakukan flash sendiri. Cara Flash Vivo V17 Pro berikut bisa dijadikan panduan untuk melakukan flash hp sendiri.

Yang Harus Dihindari Saat Flash

Ada beberapa hal yang harus dihindari saat melakukan flash pada hp. Hal ini harus diketahui untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan yang justru akan menambah kerusakan pada hp. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat flash hp adalah :

1. Baterai dalam keadaan kosong atau lowbat

Melakukan flash pada hp membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bila kondisi baterai drop atau habis, dikawatirkan hp kehabisan baterai saat flash sedang berlangsung. Akibatnya flash terhenti dan harus mengulang dari awal

2. Tidak melakukan backup data

Setelah diflash, semua data yang tersimpan dalam memori hp akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan. Untuk itu, sebelum melakukan flash, sebaiknya dilakukan dulu backuo data, atau memindahkan data ke perangkat lain. Tujuannya, agar data tetep tersimpan dan tidak terhapus saat dilakukan flash.

Berikut adalah langkah flashing Vivo V17 Pro

1. Pastikan isi daya hp Vivo V17 Anda hingga tingkat baterai di atas 50%.

2. Download firmware Vivo V17  PD1931F dan Simpan ke memori hp Anda. jangan tempatkan firmware tersebut didalam folder.

3. Nonaktifkan terlebih dahulu hp Vivo V17 Anda.

4. Nyalakan hp dengan menekan tombol Power dan tombol Volume Up (+) secara bersamaan hingga logo Vivo muncul untuk masuk ke mode fastboot.

5. Selanjutnya pilih menu Recovery mode dengan cara menekan tombol Volume Down (-) dan memilih dengan menekan tombol Power.

6. Kemudian, Anda pilih Install update.

7. Pilih file firmware Vivo V17 yang sudah tersimpan di SD Card anda.

8. Notif konfirmasi akan muncul di layar Anda, lalu cukup tekan Ya/Yes.

9. Hp Anda akan mereboot secara otomatis dan akan mulai memperbarui perangkat lunak.

10. Proses pembaruan akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu proses selesai.

11. Setelah proses pembaruan selesai, Anda dapat memilih Reboot system now.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di atas, maka proses flash pada sudah selesai. Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan melakukan flash sendiri. Anda jadi bertambah pengetahuan tentang cara flas hp. Disamping itu, juga sudah menghemat dana karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tukang servis.

Flash yang dilakukan pada hp bertujuan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada hp. Jangan sampai setelah melakukan flash justru timbul masalah baru. Dengan mengikuti Cara Flash Vivo V17 Pro yang telah diuraikan di atas, semoga masalah bootloop yang terjadi pada hp bisa teratasi, dan hp bisa digunakan kembali.