Cara Flash Vivo S1 (PD1913F) via SD Card

Memiliki Ponsel canggih memang suatu kebanggaan. Apalagi bila Ponsel tersebut adalah Ponsel keluaran pabrikan terkenal yang sedang digemari. Seperti Vivo S1 yang juga sedang digemari. Tetapi kalau tiba-tiba Ponsel mengalami masalah sejenis bootloop dan tidak bisa digunakan sama sekali, tentunya bisa membuat panik. Cara flash Vivo S1 (PD1913F) dalam hal ini mungkin bisa membantu sebagai salah satu solusinya.

Perlu diketahui bahwa bootloop adalah kondisi dimana Ponsel tidak bisa digunakan untuk mengakses apapun dan hanya berupa gambar logo dari Ponsel tersebut. Sebagian orang mungkin mengira Ponsel miliknya hanya hang sesaat dan bisa kembali normal setelah dimatikan. Tetapi apabila setelah dihidupkan lagi kondisinya tetap sama, berarti Ponsel tersebut mengalami bootloop.


Mengetahui Penyebab Kerusakan Smartphone

Kondisi dimana Ponsel tidak berfungsi sama sekali / bootloop bisa disebabkan oleh beberapa macam hal. Diantaranya, Ponsel mengalami kegagalan saat melakukan OTA update. Karena gagal meng-update, maka sistem pada Ponsel tidak berfungsi sempurna, akibatnya Ponsel jadi mengalami bootloop. Penyebab lainnya, Ponsel mengalami eror saat melakukan rooting.

Hal lain yang bisa menyebabkan Ponsel bootloop adalah kesalahan sistem saat melakukan modifikasi. Hal ini biasanya terjadi karena ada kerusakan fungsi pada perangkat lunak Ponsel. Seperti halnya kedua sebab di atas, kesalahan yang satu ini juga bisa membuat Ponsel tidak bisa digunakan sama sekali dan yang ada hanya gambar logo Ponsel saja.

Selain mengalami bootloop, terkadang Ponsel sangat lambat beroperasi saat digunakan. Keadaan ini tentunya juga sangat mengganggu kenyamanan. Karena pada saat Ponsel dibutuhkan untuk mengirim data, tetapi prosesnya sangat lambat / lemot, tentu akan membuat bingung dan tidak sabar.

Apabila Ponsel Anda lambat beroperasi / lemot, kemungkinan memori pada Ponsel tersebut terlalu penuh. Hal ini bisa diatasi dengan mengurangi isi memori, dengan cara menghapus sebagian data atau foto yang sekiranya tidak penting. Ponsel lambat juga bisa disebabkan terlalu banyak aplikasi yang terpasang sehingga memori penuh. Hapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan, maka Ponsel akan kembali normal.

Tips Melakukan Flash Vivo S1

Melakukan flash pada Ponsel memang bisa mengatasi kerusakan Ponsel terutama yang disebabkan oleh bootloop. Tetapi perlu diketahui, flash pada Ponsel selain bisa memperbaiki Ponsel yang bermasalah, juga mempunyai kelemahan. Untuk itu sebelum melakukan flash, sebaiknya diketahui tips berikut, agar tidak muncul permasalahan baru.

Lakukan back up data sebelum melakukan flash. Karena flash akan mengubah Ponsel menjadi seperti kondisi Ponsel baru saat dibeli dari toko, otomatis Ponsel bersih tidak ada data atau aplikasi. Jadi, lakukan dahulu backup data untuk melindungi data yang penting, agar data ataupun aplikasi tidak hilang setelah Ponsel diflash. Semisal sudah tidak ada kesempatan lagi untuk backup data terpakasa harus di flash apa adanya dan data di dalam Ponsel tersebut akan hilang.

Ponsel bagi setiap orang memang memiliki banyak fungsi. Selain sebagai alat komunikasi, sekarang ini Ponsel menguasai hampir semua kegiatan manusia. Bahkan pekerjaanpun sekarang bisa dilakukan dengan Ponsel. Bila Ponsel bermasalah, seperti mengalami bootlooop, tentu akan mengganggu aktivitas pekerjaan anda. Cara flash Vivo S1 di atas tentunya akan sangat membantu sebagai referensi terbaik dalam mengatasi masalah ponsel Anda.

Langkah-Langkah Cara Flash Vivo S1

Apabila Anda sudah mengurangi isi memori, bahkan sudah mengosongkan memori dan Ponsel tetap tidak bisa digunakan, melakukan flash adalah satu-satunya cara yang harus dilakukan. Lalu, bagaimana melakukan flash pada Ponsel? mungkin sebagian orang masih belum mengetahuinya. Berikut ini langkah dan cara flash Vivo S1 yang bisa anda jadikan petunjuk.

1. Pastikan kondisi baterai Ponsel anda terisi minimal 50%. Hal ini karena untuk melakukan flash membutuhkan waktu yang agak lama. Jangan sampai proses flash terhenti karena kehabisan baterai, yang berarti harus dimulai dari awal lagi.

2. Unduh firmware Vivo S1 PD 191 3 F _EX_A_1. 8.6-update-fullL1583821674. zip dan simpan dalam kartu memori SD. firmware ini yang nantinya dibutuhkan pada saat melakukan flash pada Ponsel Vivo S1.

3. Matikan Ponsel dengan menekan Tombol Power, pastikan benar-benar dalam keadaan mati.

4. Tekan dan tahan Tombol Power dan Tombol Volume Up secara bersamaan sampai logo Vivo muncul pada layar. Pada tahap ini masuk dalam tahap fastboot.

5. Selanjutnya pilih Recovery dengan cara menekan Tombol Volume Up/Down untuk navigasi, dan tekan Tombol Power untuk untuk memilih.

6. Akan ada beberapa menu pilihan, anda bisa memilih menu Instal update. Lalu instal firmware yang sudah disimpan di memori SD.

7. Ponsel akan reboot secara otomatis memperbaharui perangkat lunak yang bermasalah. Tunggu beberapa saat hingga proses update selesai.

8. Setelah update selesai, Silahkan Reboot system now, maka langkah-langkah flash pada Ponsel Vivo S1 selesai.

Agar Ponsel bisa kembali digunakan, anda harus mengaktifkan kembali Ponsel dengan cara login dan mengisi data dengan menggunakan email dan password yang sama seperti sebelum Ponsel diflash. Usahakan email dan password tersimpan, jadi mudah untuk melakukan konfigurasi. Tetapi bila terpaksa karena lupa bisa mengganti dengan akun baru dengan cara melakukan reset akun.