Cara Flash Realme X2 Pro (RMX1931) via SD Card

Apakah Anda baru saja membeli ponsel baru dengan merk dan tipe Realme X2 Pro? Wah, pasti Anda sekarang sedang asik mengutak-atik dan belajar hal baru dari ponsel itu, ‘kan? Walau begitu, ingat untuk jangan lupa belajar dan cari info mengenai Cara Flash Realme X2 Pro yang tepat. Mengapa? Memang tidak ada yang ingin ponsel mengalami kerusakan, tapi berjaga-jaga tentu lebih baik!


Kelebihan dan Kekurangan Flash Ponsel Android

Akan selalu ada pro dan kontra terhadap segala sesuatu, termasuk flash ponsel android. Bisa dibilang bahwa ponsel yang sudah mengalami flash akan anjlok nilai jual kembalinya. Ini karena sudah adanya ‘tambalan’ pada sistem softwarenya. Selain itu, garansi juga bisa hilang karena flash sehingga perlu Anda cari tahu dulu kapan garansi dari ponsel tersebut habis.

Kekurangan yang biasanya akan banyak disesali adalah, hilangnya data atau file, baik berupa foto, lagu, dokumen, hingga aplikasi yang disimpan di memori internal akan terhapus secara otomatis. Nah, jika tidak rutin mencadangkan file, Anda bisa kehilangan segalanya kapan pun. Seperti yang Anda ketahui, malfungsi pada ponsel bisa datang tiba-tiba.

Walau ada kekurangan, kelebihan yang akan kamu rasakan jika flashnya berhasil pun tidak main-main. Anda bisa merasakan bahwa ponsel seperti baru lagi, performanya pun lebih cepat, aplikasi bisa dibuka dan dimainkan dengan mudah, hingga tidak mudah hang. Pun, flash bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke counter dengan waktu yang relatif lebih cepat tentunya.

Juga perlu diingat walau Anda bisa berhasil dengan flash ponsel satu ini, bukan jadi jaminan bahwa akan berhasil pada ponsel yang lain. Teknik flash dan bahan untuk tiap ponsel berbeda-beda dan tidak sama dengan Cara Flash Realme X2 Pro.

Macam-macam Cara Flash Ponsel

Kali ini, cara yang akan kita gunakan adalah yang termudah. Namun selain cara di bawah ini, ada cara lain yang tidak kalah simplenya. Yang pertama adalah dengan mengandalkan PC. Biasanya cara ini dilakukan oleh konter ponsel dan ketika ponsel yang dimiliki, tombol sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga perlu mengandalkan pihak ketiga.

Banyak yang berpendapat bahwa dengan menggunakan PC, akan lebih aman dan lebih mudah. apalagi mengingat kerusakan pada software sehingga perlu penanganan yang tidak main-main. Karena mengharuskan menggunakan pc, tentu ada materi lain yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan flash ponsel, yaitu kabel data original atau bawaan ponsel yang lebih aman dibandingkan lainnya.

Tips Melakukan Flash pada Ponsel Android

Ingat untuk memperhatikan langkah-langkah di atas supaya Anda tidak mengalami penyesalan akibat flash yang gagal. Beberapa orang cenderung terburu-buru sehingga tidak memperhatikan apa saja yang dibutuhkan dan apa saja yang patut digaris bawahi.

Waktu untuk flash juga tidak sebentar, beberapa bahkan memerlukan waktu berjam-jam. Jadi, Anda juga perlu mempersiapkan mental dan waktu luang sehingga saat sedang flash ponsel bisa dijalankan dengan lebih mudah dan tenang. Jika tidak bisa terpisah dari gadget, bisa siapkan perangkat lain sebagai hiburan untuk Anda selama flashing.

Langkah-langkah untuk Flash Realme X2 Pro (RMX1931)

Berikut adalah tahap flash Realme X2 Pro, silahkan simak dengan teliti

1. Isi daya ponsel Anda sampai baterai minimal di atas 50%.

2. Download firmware Realme X2 Pro untuk perangkat lunak Anda dan simpan ke memori card ponsel Anda.

3. Kemudian matikan ponsel untuk beberapa detik dengan menekan tombol Power.

4. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Down (-), hingga ponsel Anda memasuki Mode recovery.

5. Di menu Mode recovery, pilih saja Instal from storage device.

6. Lanjut cari firmware yang anda simpan tadi dan kemudian pilih firmware tersebut dengan menekan tombol Power.

7. Jika notif konfirmasi muncul di layar Anda, cukup tekan Ya/Yes untuk melanjutkan.

8. Ponsel Anda akan mereboot secara otomatis dan mulai memperbarui perangkat lunak.

10. Proses pembaruan ini mungkin memakan waktu beberapa menit dan Anda harus menunggu sampai update sukses.

11. Setelah selesai proses update selesai, Anda dapat memilih Reboot.

Itulah Cara Flash Realme X2 Pro yang bisa Anda coba jika nanti sewaktu-waktu memerlukannya. Namun diharapkan, Anda berhati-hati dalam menjaga dan menggunakan ponsel, jadi jangan sampai berakhir bootloop atau mati total karena penggunaannya yang asal-asalan. Bagikan ke sesama pengguna Realme X2 Pro sehingga mereka juga tahu langkah-langkahnya dengan benar.