Cara Flashing Realme C2 [RMX1941] Tanpa PC

Sebagai pemilik ponsel, yang perlu diketahui tidak hanya langkah-langkah mengenai pemakaiannya secara maksimal saja, tapi juga tentang bagaimana menangani ponsel yang tiba-tiba error atau tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terutama jika Anda memiliki ponsel Realme C2 yang kali ini akan kita bahas Cara Flash Realme C2 secara runtut dan lengkap. Selamat menyimak!

Cara Flash Realme C2

Masalah Ponsel yang Bisa Diatasi dengan Flash

Anda pasti bertanya-tanya kapan waktu yang tepat atau masalah ponsel apa saja yang bisa diatasi dengan flash. Nah, memang tidak semua masalah yang ada pada ponsel bisa diatasi dengan flash seperti ponsel yang tidak sengaja kemasukan air, LCD yang pecah, atau tidak sengaja jatuh dan jadi mati. Namun, jika masalahnya sebatas software maka solusinya adalah flash.

Misalkan ponsel Anda sering lemot ketika digunakan untuk bermain game sehingga menyebabkan sering kalah jika sedang tanding. Atau ketika aplikasi tiba-tiba sering menutup sendiri padahal sedang digunakan. Tentunya ini mengganggu dan membuat ingin buru-buru beli ponsel baru padahal yang diperlukan adalah membenarkan seperti sedia kala.

Selain karena ponsel lemot atau aplikasi yang tidak bisa digunakan secara maksimal, flash juga bisa diandalkan jika Anda lupa kata sandi untuk akses ke ponsel. Ini biasanya terjadi jika Anda baru saja pasang kata sandi baru dan melupakannya. Flash juga bisa jadi solusi juga ponsel bootloop dan ketika mencoba reset factory tidak memengaruhi apa-apa.

Cara Membenarkan Ponsel Selain dengan Flash

Walau flash bisa menjadi andalan, ada berbagai cara lain yang sebelumnya bisa dicoba. Apalagi jika Anda merasa bahwa mengikuti Cara Flash Realme C2 ini terlalu beresiko. Jika ponsel Anda sebatas lemot biasa, coba bersihkan sampah-sampah atau file yang tidak terpakai lagi. Memori yang terlalu penuh juga bisa jadi alasan kenapa ponsel lemot.

Selain cara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Clean Master untuk membersihkan cache di ponsel sampai ke akar-akar. Aplikasi seperti ini tidak hanya berfungsi untuk membersihkan memori, tapi juga memiliki pencadangan aplikasi hingga partisi ke SD Card.

Adapun cara lain adalah melakukan update software jika memang sudah ada pemberitahuan dan masanya. Update software selain bertujuan untuk memberikan pengalaman menggunakan aplikasi yang terbaru, memperbarui software juga bertujuan supaya penggunaan semakin cepat dari versi sebelumnya.

Anda juga disarankan untuk menghentikan dan menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Ini bukan sebatas demi membebaskan memori, tapi terlalu banyak aplikasi dan memasangnya sebagai widget adalah salah satu alasan ponsel jadi lemot. Jadi, sebelum tebruru-buru flash, sebaiknya coba hal-hal sederhana barusan.

Perlu Anda ketahui bahwa ada flash bisa menyebabkan kegagalan bahkan mati total pada ponsel. Ini pasti cukup berdampak, apalagi jika Anda hanya mengandalkan satu ponsel. Maka dari itu, perlu untuk berhati-hati jika ingin flash. Jika masih ada garansi, disarankan untuk mencoba membetulkannya di agen resmi alih-alih coba-coba flash sendiri.

Panduan Flash Realme C2 (RMX1941)

Berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai flash Realme C2 dengan aman. Harap dibaca dengan teliti dan dipahami dengan seksama sebelum ambil langkah dalam flashing.

Berikut adalah bahan untuk mulai flash:


Simak berikut mengenai langkah flash Realme C2

1. Nonaktifkan ponsel Realme C2 Anda dan pastikan daya baterai terisi sekitar 50% keatas.

2. Simpan firmware yang sudah Anda download diatas ke memori SD Card Anda.

3. Sekarang Anda dapat mengaktifkan kembali ponsel Anda dengan menekan Tombol Volume Down (-) dan Tombol Power lalu tahan secara bersamaan selama beberapa detik, hingga ponsel memasuki Mode recovery.

4. Selanjutnya Anda dapat menekan Volume Down (-) atau Volume Up (+) sebagai navigasi dan Tombol Power untuk konfirmasi.

5. Di menu Mode recovery pilih Instal from storage device.

6. Kemudian Anda pilih lagi Instal from SD dan cari firmware yang ada di SD Card untuk mulai menginstal.

7. Jika notif konfirmasi muncul di layar Anda, lalu cukup tekan Ok/Yes.

8. Ponsel Anda akan mereboot secara otomatis dan mulai memperbarui perangkat lunak Realme C2 Anda.

9. Proses pembaruan akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu proses flash.

10. Kemudian Anda dapat memilih REBOOT dan biarkan ponsel Anda loading sampai ke menu utama.

Tidak sulit bukan untuk mengikuti Cara Flash Realme C2 di atas? Nah, walaupun mudah semoga Anda tidak perlu menggunakannya karena dengan begitu, ini tanda bahwa ponsel Anda dalam keadaan baik-baik saja.