Cara Flash Realme 5 (RMX 1911) via SD Card

Hal menjengkelkan bagi pengguna Realme 5 adalah ketika Android Anda tiba-tiba berhenti dan tidak bisa digunakan untuk mengakses apapun. Bila hal ini terjadi, kemungkinan HP Anda mengalami bootloop yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Cara flash Realme 5 (RMX 1911) adalah hal yang harus diketahui untuk mengatasi hal tersebut.


Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Flash

Sebelum melakukan flash pada HP, sebaiknya diketahui dulu akibat yang terjadi setelah dilakukan flash. Seperti diketahui, pengertian flash adalah untuk mengembalikan sistem operasi/OS android ke setelan pabrik (stock rom). Dengan kata lain, flash membuat HP kembali pada keadaan seperti saat HP baru dibeli dari toko, bersih belum terisi data atau aplikasi apapun.

Kekurangan dari flash ini adalah, semua data dan aplikasi yang ada di memori internal bisa hilang. Bila Anda tidak menginginkan semua data yang dimiliki hilang, sebaiknya sebelum melakukan flash dilakukan dulu back up data untuk menyimpan semua data yang ada. Sehingga nanti setelah HP selesai diflash, data masih utuh tersimpan.

Sedangkan kelebihan dari melakukan flash, Android anda akan kembali seperti HP baru. Tentu saja bila HP masih baru, maka HP bisa berjalan dengan lancar dan mulus. Dengan demikian, HP yang sudah diflash akan bisa digunakan dengan lancar dan tidak lambat. HP yang sudah diflash juga tidak lagi mengalami eror atau bootloop seperti yang pernah dialami sebelumnya.

Mengalami HP bermasalah dan tiba-tiba tidak bisa digunakan memang kadang membuat panik dan bingung. Dengan mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah dilakukan penyelesaiannya. Apabila masalah yang terjadi karena HP mengalami bootloop, melakukan flash adalah satu-satunya cara tepat. Cara flash Realme 5 (RMX 1911) yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi panduan terbaik bagi Anda.

Penyebab Realme 5 Mengalami Bootloop

Android yang mengalami bootloop disebabkan oleh beberapa hal. Kemungkinan pertama, adalah kegagalan saat melakukan OTA update. Penyebab lain adalah sitem mengalami eror saat melakukan root. Bisa juga penyebab HP yang mengalami bootlooop adalah terjadinya kesalahan modifikasi yang terjadi pada sistem.

Apabila HP mengalami bootloop, maka jalan yang harus dilakukan adalah dengan cara melakukan flash pada HP tersebut. Hal ini harus dilakukan agar HP kembali bisa digunakan dan tidak lagi mengalami hal yang sama. Dengan melakukan flash, maka HP akan kembali pada kondisi awal seperti saat pertama kali Anda membelinya dari toko.

Namun sebelum melakukan flash, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu apakah yang terjadi adalah benar-benar bootloop dan harus dilakukan flash. Untuk mengetahui apakah HP benar mengalami bootloop atau tidak, bisa dengan cara mematikan HP tersebut dengan menekan tombol power. Setelah beberapa saat, hidupkan lagi android Anda.

Apabila HP bisa kembali berfungsi normal, itu tandanya hp tidak mengalami bootloop. Kemungkinan HP terlalu lama digunakan hingga butuh istirahat. Kemungkinan lain, memori internal terlalu penuh sehingga HP menjadi lambat merespon. Bila ini terjadi, bisa dilakukan dengan menghapus beberapa data atau aplikasi yang tidak digunakan lagi.

Setelah memastikan penyebab kerusakan HP, Anda bisa melakukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Apabila HP memang benar mengalami bootloop, maka langkah tepat yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan flash. Berikut cara flash Realme 5 yang bisa dijadikan panduan, khususnya bagi yang belum berpengalaman.

Berikut langkah-langkah dalam flash Realme 5

1. Pastikan kondisi baterai HP terisi minimal 50 %. Apabila baterai low, lebih baik dilakukan recharge baterai terlebih dahulu.

2. Setelah itu, unduh firmware Realme 5 
3. Setelah berhasil mendownload, simpan firmware tersebut pada kartu SD.

4. Setelah itu matikan HP dan diamkan beberapa detik agar HP benar-benar mati.

5. Tekan tahan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan. Hingga terdapat 2 pilihan bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Cina.  
 
6. Pilih bahasa Inggris saja, Gunakan tombol volume Up dan tombol volume Down untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih.

7. Di bawah mode recovery, terdapat beberapa pilihan menu yang akan Anda jumpai, yaitu sebagai berikut:
  • Instal from storage device
  • Online update (keep data)
  • Wipe data reboot.
Diantara pilihan menu tersebut, pilih menu "Instal from storege device".

8. Buka firmware yang sudah Anda simpan tadi, dan lakukan penginstalan. Apabila ada konfirmasi, pilih 'ya' untuk melanjutkan.

9. Pada tahap ini, android mulai melakukan pembaharuan perangkat lunak. Tahap ini membutuhkan waktu beberapa menit, tunggu hingga update selesai.

10. Setelah update selesai, pilih reboot, dan proses flash selesai.

Setelah melalui semua langkah dalam cara flash Realme 5, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi agar HP kembali bisa digunakan. Caranya, dengan mengisi data sesuai email yang sudah ada sebelumnya. Harus dipastikan, akun yang diisikan sama dengan akun saat sebelum dilakukan flash. Apabila lupa bisa dilakukan reset dan membuat akun baru.