Cara Flash Realme 3 (RMX1821) via SD Card

Mempunyai Smartphone canggih memang keren. Tetapi akan lebih keren lagi kalau anda juga mengetahui cara memperbaiki bila Smartphone mengalami masalah atau rusak. Katakanlah seperti saat Smartphone tiba-tiba menjadi hang, tidak bisa dioperasikan sama sekali. Yang pertama terlintas di pikiran tentu adalah melakukan flash agar Smartphone bisa digunakan lagi. Lalu bagaimana cara flash Smartphone sejenis Realme 3? Berikut cara flash Realme 3 (RMX1821) yang bisa jadi acuan Anda.


Mengenal Apa Itu Flashing

Saat Smartphone mengalami masalah, biasanya orang langsung berpikir untuk melakukan flash. Padahal tidak semua kerusakan pada Smartphone harus diperbaiki dengan cara diflash. Smartphone perlu diflash apabila mengalami bootloop, yaitu keadaan dimana Smartphone tidak bisa dioperasikan sama sekali. Apabila keadaan ini dibiarkan, Smartphone bisa menjadi hang dan berakibat kerusakan fatal pada Smartphone.

Terkadang Smartphone mengalami lemot dan sangat lambat saat dioperasikan. Kondisi Smartphone seperti ini biasanya disebabkan memori internal pada Smartphone sudah terlalu penuh. Bisa juga dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang terpasang, sehingga memori Smartphone tidak cukup. Akibatnya Smartphone menjadi cepat panas dan sangat lambat saat dioperasikan.

Apabila Smartphone Anda mengalami keadaan seperti ini, Anda cukup mengurangi beban memori pada Smartphone dengan cara menghapus beberapa data yang tidak begitu penting dan sudah tidak digunakan lagi. Ribuan foto yang tersimpan, juga bisa membuat Smartphone menjadi begitu lambat. Sebaiknya foto yang tidak penting juga dihapus atau bisa dipindahkan ke perangkat lain. Demikian juga dengan aplikasi yang jarang dipakai, lebih baik dihapus saja.

Dengan mengurangi isi memori, biasanya Smartphone yang lambat bisa kembali normal seperti semula. Jadi Anda tidak perlu melakukan flash pada Smartphone. Karena flash hanya diperlukan saat Smartphone mengalami bootloop. Flash sendiri bekerja dengan cara memperbaiki perangkat lunak pada Smartphone yang bermasalah yang menyebabkan Smartphone mengalami bootloop.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakakuan Flash

Sebelum melakukan flash pada Smartphone, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama, setelah Smartphone diflash, kondisi Smartphone akan seperti yang baru dibeli, belum terisi apa-apa. Otomatis, apabila Anda melakukan flash pada Smartphone, semua data, foto, dan aplikasi yang ada juga akan hilang. Jadi sebaiknya ada mem-back up dulu semua data-data penting agar tidak hilang saat Smartphone di flash.

Yang kedua, setelah diflash, Smartphone baru bisa digunakan lagi dengan melakukan konfigurasi data. Konfigurasi data menggunakan akun email yang sama dengan yang pertama kali digunakan. Mengganti akun baru memang bisa dilakukan, tetapi tentunya juga akan memakan waktu. Jadi, sebelum melakukan flash Smartphone, simpan dulu akun anda beserta passwordnya agar mudah melakukan konfigurasi data.

Tentunya akan ada kepuasan tersendiri apabila bisa memperbaiki kerusakan pada Smartphone, tanpa harus pergi ke tukang servis. Di samping itu, dengan memperbaiki sendiri, Anda bisa menghemat dana. Cara flash realme 3 (RMX 1821) yang telah diuraikan di atas, semoga bisa membantu permasalahan pada Smartphone bila mengalami bootloop.

Panduan Cara Flash Realme 3

Biasanya orang cenderung membawa Smartphone yang mengalami bootloop ke tempat servis Smartphone karena takut bila memperbaiki sendiri dengan cara flash, malah membuat Smartphone bertambah parah rusaknya. Tetapi sebenarnya Anda bisa melakukan flash sendiri asalkan mengetahui caranya dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Adapun cara flash realmi 3 adalah sebagai berikut :

1. Sebelum diflash, sebaiknya baterai dalam kondisi terisi, minimal 50%. Hal ini untuk mengantisipasi Smartphone kehabisan baterai saat proses flash sedang berlangsung, yang mengharuskan Anda memulai dari awal.

2. Anda membutuhkan firmware untuk melakukan flash. Jadi, Anda harus mengunduh firmware ini dan menyimpannya dalam kartu memori (SD). Untuk Smartphone Realme 3, Anda membutuhkan firmware RMX1821 EX_11_OTA_0260_all_zEzvvlcPPtMB.ozip

3. Akan ada pilihan bahasa di sini, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Cina. Anda bisa memilih bahasa Inggris dengan cara menekan tombol volume naik turun untuk navigasi, dan tombol power memilih.

4. Pada tahap ini akan ada menu pilihan, Pilih menu instal from storage device.

5. Buka kartu memori, dan instal firmware Realme 3 yang sudah terlebih dahulu diunduh. Bila ada konfirmasi, pilih "ya"

6. Di sini sistem mulai reboot dan memperbaiki perangkat lunak yang bermasalah. Tunggu hingga proses update selesai.

7. Setelah update selesai, matikan Smartphone dengan cara reboot dan proses flash selesai.

Selanjunya, anda harus melakukan konfigurasi pada Smartphone anda dengan cara mengisi data pada menu login. Masukkan email dan passaword yang sama saat pertama kali melakukan konfigurasi data. Apabila lupa dengan email dan password yang lama, bisa melakukan reset akun dan membuat akun baru.