Cara Flash Asus ZenFone 5 X00QD/ZE620KL via SD Card

Anda salah satu pemilik hp Asus Zenfone 5? Jika iya, pernahkah Anda mengalami masalah bootloop pada ponsel tersebut? Masalah yang satu ini adakalanya cukup sulit diatasi. Khususnya bagi yang belum terlalu mengenal solusinya, tentu Anda membutuhkan referensi. Salah satu solusi dalam hal ini adalah dengan mempelajari Cara flash Asus ZenFone 5 X00QD (ZE620KL).

Pada dasarnya menerapkan cara ini tidak begitu sulit. Namun, Anda harus mengetahui tahapan yang benar sehingga langkahnya pun tertata dan keberhasilan flash hp akan lebih mudah di dapatkan. Nah, bagi yang masih bemun banyak mengenal bagaimana langkah rinci dan penjelasannya, langsung saja Anda simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Mengenal Lebih Jauh Pengatasan Bootloop Pada Asus ZenFone

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya menerapkan cara flash melalui update pada smarthone ini bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Langkah ini merupakan salah satu solusi yang bisa ditempuh apabila memang benar-benar dibutuhkan, atau hp Anda memang membutuhkan update untuk memperbaiki software.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada beberapa tipe masalah seperti ini pada samrtphone. Adakalanya masalah tersebut ringan, namun adakalanya juga cukup berat sehingga perlu penanganan yang lebih serius. Perbedaan tingkat masalah ini dibedakan berdasarkan faktor penyebab dan sejenisnya.

Jika penyebabnya adalah kerusakan software, maka flash hp adalah jalan paling tepat yang bisa Anda pilih. Namun demikian, masih ada beberapa jalan lain yang perlu dipertimbangkan jika memang alasan masalah tersebut berbeda.

Katakan saja seperti ketika ponsel Anda tidak mengalami kerusakan atau gejala serius, misalnya seperti lambat merespon dan sejenisnya. Masalah ini bisa disebabkan karena penyimpanan yang sedang penuh sehingga responnya tidak sebagaimana biasanya. Jadi, ada baiknya coba cek dulu beberapa kondisi umum pada HP.

Jika memang penyebabnya adalah penyimpanan ponsel yang penuh, mungkin Anda bisa menggunakan solusi yang lebih ringan. Di sini Anda dapat menghapus beberapa data yang tidak penting, foto-foto yang tidak digunakan lagi, atau aplikasi yang mungkin jarang dibuka. Jika setelah itu dilakukan ponsel Anda kembali normal, maka menerapkan cara flash Asus ZenFone 5 X00QD (ZE620KL) tidak perlu dilakukan.

Sebaliknya, jika ponsel Anda tak juga kembali normal, atau bahkan lebih parah, segera lakukan reset tersebut. Dengan begitu, pemulihan sistem pada ponsel akan lebih maksimal lagi. Perlu diketahui juga bahwa langkah ini sebenarnya tidak hanya khusus untuk Zenfone 5, namun semua tipe hp Asus bisa diperlakukan sama.

Langkah-langkah Cara Flash Asus ZenFone 5 X00QD

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, proses ini tidak akan terlalu sulit dilakukan jika Anda memahami dengan baik langkah-langkah secara rincinya. Namun, mungkin bagi yang belum pernah melakukannya akan cukup kebingungan. Sebisa mungkin, pelajari dahulu panduannya agar lebih cepat dan tidak ada kesalahan langkah. Untuk itu Anda bisa simak rincian langkahnya di bawah ini.
  • 1. Pastikan sebelum memulai proses, daya smartphone diisi terlebih dahulu. Kapasitas minimum baterainya adalah 50%. Jika lebih dari itu maka akan lebih baik.
  • 3. Selanjutnya, sebelum dimatikan, terlebih dahulu kartu SD tersebut harus dimasukkan dalam ponsel.
  • 4. Langkah berikutnya adalah menonaktifkan ponsel. Pastikan smartphone benar-benar dalam keadaan mati dan diamkan beberapa detik. Setelah itu ponsel akan berada dalam keadaan nonaktif.
  • 5. Kemudian, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan. Tahan hingga logo muncul dan masuk pada mode Android system recovery, Recovery Asus ZenFone 5 X00QD.
Tutorial Flash Asus ZenFone 5 X00QD
Cara Flash Asus ZenFone 5 X00QD
  • 6. Anda akan menemukan pilihan Apply update from SD card, dan pilih menu tersebut. Anda bisa menggunakan tombol volume sebagai navigasi. Sedangkan untuk eksekusi, gunakan tombol power.
  • 7. Lanjutkan dengan mencari firmware Asus ZenFone 5 X00QD (ZE620KL) yang akan diperbaharui. 
  • 8. Untuk memulai instalasi, silahkan pilih firmware yang sudah Anda simpan pada langkah kedua, lalu konfirmasi untuk melanjutnya dengan pilih “Ya” dilayar Anda.
  • 9. Pembaruan perangkat lunak sudah dimulai yang ditandai dengan reboot. Ini terjadi secara otomatis setelah langkah ke 8 dilakukan.
  • 10. Tunggu hingga beberapa menit, hingga prosesnya menunjukkan hasil sempurna.
  • 11. Jika proses sudah selesai, silahkan piluh sistem reboot dan Anda sudah berhasil melakukan pembaruan ini.
Sangat mudah bukan melakukan langkah-langkah di atas? Setelah langkah selesai cara flash Asus ZenFone 5 X00QD (ZE620KL) juga sudah selesai. Smartphone Anda akan kembali normal setelah dinyalakan. Masalah bootloop yang sebelumnya sangat mengganggu penggunaannya pun sudah teratasi.

Namun demikian, jangan lupa menjaga kondisi smartphone agar kerja smartphone Anda pun tetap maksimal. Salah satunya adalah dengan menghindari pemasangan aplikasi yang berlebihan pada perangkat. Memperhatikan kapasitas penyimpanan smartphone dalam hal ini juga merupakan aspek yang sangat penting.