Begini Caranya Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang

Cara mencadangkan (backup) WhatsApp
Whatsapp kini menjadi aplikasi yang banyak digunakan, tidak hanya pengguna ponsel Android tapi juga oleh pengguna iPhone sebagai media untuk berbagi pesan singkat, gambar, maupun berbagai file lainnya. Karena diandalkan untuk mengirim pesan dan file penting, perlu dirasa untuk mengetahui cara backup Whastapp yang bisa anda lakukan sendiri.

Supaya tidak salah langkah dalam melakukan langkah-langkah backup Whatsapp, kami akan memberikan tutorial yang gampang diikuti untuk siapapun Anda. Semoga membantu!

Manfaat Melakukan Backup Whatsapp

Kenapa Anda perlu melakukan backup whatsapp sering-sering tidak lain karena nantinya, jika sewaktu-waktu Anda kehilangan ponsel seperti karena dicuri, mengalami error, stuck di logo dan berbagai hal yang menyebabkan tidak bisa akses aplikasi tersebut, Anda tidak akan kehilangan chat, gambar, pesan suara, dan file lainnya.

Nah, dengan melakukan pencadangan ini Anda bisa tetap mendapatkan pesan dan file penting lainnya yang bisa diakses dengan ponsel lain. Asalkan mengikuti tips yang kami berikan, Anda bisa mengakses kembali hal penting dalam Whatsapp.

Selain itu, jika Anda ingin mengganti ponsel, memasang ulang Whatsapp dari ponsel lama ke ponsel baru tidak akan memakan waktu lama. Anda hanya perlu login dengan e-mail yang sebelumnya digunakan sebelumnya.

Tutorial Backup Whatsapp dengan Mudah

Sampai lah kita pada pembahasan mengenai tutorial pencadangan aplikasi Whatsapp. Cukup simple dan sederhana, walau begitu Anda tetap perlu memahaminya dengan baik sebelum kemudian menerapkan langkah-langkah di bawah ini.
  • 1. Agar melakukan pencadangan dengan mudah, pastikan bahwa koneksi internet Anda dalam keadaan baik dan cepat.
  • 2. Buka aplikasi Whatsapp yang terdapat pada ponsel Anda
  • 3. Tap pada bagian pojok kanan atas, yang terdapat tiga titik dan masuk pada menu Setelan
  • 4. Cara backup Whatsapp yang selanjutnya yaitu tap pada menu Chat
  • 5. Setelah Anda tap pada menu Chat, pilih pada Cadangkan Chat dan Anda akan disuguhi beberapa konfigurasi yang dibutuhkan untuk Anda atur. Seperti contoh:
a. Apabila Anda ingin Cadangkan ke Google Drive, Anda dapat set sendiri mengenai waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan.
b. Pada bagian akun e-mail, silahkan pilih e-mail yang akan digunakan untuk terhubung dengan Drive.
  • 6. Apabila Anda telah selesai melakukan pengaturan pada Google Drive, bisa langsung tap pada bagian Cadangkan.
  • 7. Cepat atau lamanya waktu pencadangan ini tergantung pada besar atau kecilnya jumlah file yang terdapat dalam Whatsapp. Anda jangan khawatir, tunggu beberapa saat dan pastikan koneksi lancar, maka semua file Anda yang ada dalam aplikasi ini aman.

Hal Penting dalam Pencadangan File di Whatsapp

Berikut adalah tips tambahan tapi juga penting untuk diingat sebelum melakukan pencadangan. Hal ini sebenarnya hal dasar, tapi kami ingatkan sekali lagi untuk mempermudah Anda dalam melakukan tahapan demi tahapan backup.
  • Apabila Anda ingin memindahkan data dari ponsel satu ke ponsel lainnya, pastikan bahwa e-mail yang Anda gunakan untuk kedua ponsel tersebut adalah sama. Jika kemudian di ponsel baru nanti e-mail yang Anda gunakan berbeda dengan ponsel sebelumnya, jangan merasa aneh jika kemudian file atau pesan lama Anda tidak bisa lagi ditemukan.
  • Nah, saat Anda akan mencadangkan Whatsapp, pastikan juga e-mail dan nomor ponsel yang digunakan pun tersinkronisasi dengan Google Drive yang sama.
Itu lah tadi cara backup Whatsapp sangat mudah yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga dapat membantu dan berhasil dilakukan. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Begini Caranya Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang"

Posting Komentar

🚫 Dilarang Spamming Dalam Komentar!
🚫 Dilarang Menggunakan Bahasa Kotor dan Kasar!
✅ Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas.
✅ Gunakanlah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel